Profile

            Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja yang merupakan bagian dari Universitas Wiraraja yang berada di ujung timur pulau Madura, adalah satu-satunya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Kabupaten Sumenep. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang merupakan salah satu Fakultas dilingkungan Universitas Wiraraja Sumenep yang berdiri pada tahun 1986, merupakan lembaga yang telah tertata baik dan kondusif dengan masyarakat Sumenep.

            Pada setiap perjalanan dan perkembangan serta pengembangannya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja mengacu pada garis rencana dan tujuan yang ada. Adapun garis-garis rencana dan tujuan itu dirumuskan sebagai diuraikan di bawah ini.

  1. VISI

Berdasarkan gambaran sejarah, garis-garis rencana, tujuan dan kepepakatan para penglola dan pelaksanaan Universitas, dirumuskan Visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja sebgai berikut :

“ Terwujudnya Fakultas Bersemangat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Menghasilkan Karya Ilmiah, Lulusan Berkualitas berorientasi kepada kebijakan publik di sektor pembangunan wilayah pesisir dan sektor pariwisata.”

  • MISI

Dengan telah ditetapkannya visi, maka misi perlu pula untuk dirumuskan. Adapun Misi Fakultas Ilmu Sosila dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang humanis menghasilkan lulusan yang profesional, memiliki soft skill, kreatif inovatif dan mampu bersaing dalam memasuki pasar kerja.
  2. Mengintensifkan penelitian ilmu-ilmu sosial dan politik, menghasilkan karya ilmiah dengan memanfaatkan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat, serta memperluas jaringan kerja sama dalam menciptakan sinergi yang berdaya guna.
  4. Meningkatkan kapasitas pengajar yang lebih profesional melalui pelatihan dan studi lanjut guna menghasilkan lulusan yang menguasai konsep-konsep teoritis ilmu-ilmu sosial dan ilmu politik
  5. TUJUAN

Setiap penyelenggara organisasi dan kegiatannya selalu ada tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Tujuan secara umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja disusun selaras dengan Visi dan Misi secara umum mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standart kualitas pendidikan tinggi, mandiri  serta mampu berdaya saing sebagai motor penggerak pembangunan.
  2. Menghasilkan karya penelitian memadukan IPTEK, berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat melalui publikasi ilmiah.
  3. Mengembangkan jaringan kerja sama menuju pembangunan masyarakat yang demokratis, adil dan makmur.
  4. Meningkatkan kuantitas Dosen profesional yang bersertifikat.
Kembali ke Atas